Membangun Kecakapan Kristus: Wawasan Pedagogis bagi Pendidik Kristen

Trivan Syukur Waruwu, Anwar Three Millenium Waruwu, Ruth Judica Siahaan

Abstract


Artikel ini membahas pentingnya mengembangkan karakter Kristus dalam pendidikan Kristen dan mencari solusi untuk kesenjangan antara tujuan ideal dan praktik nyata dalam pengembangan kecakapan Kristus. Dengan menggunakan metode library research, penelitian ini menjelaskan bahwa pendekatan pendidikan Kristen yang dioptimalkan melibatkan penerapan prinsip-prinsip dan nilai-nilai Kristus dalam kurikulum serta memastikan penerapan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari siswa. Strategi pembelajaran yang efektif mencakup penggunaan studi kasus Alkitab, diskusi kelompok reflektif, penerapan nilai-nilai Kristus, dan pengembangan keterampilan sosial dan emosional sesuai dengan ajaran Kristus. Pengukuran dan evaluasi kecakapan Kristus dilakukan melalui instrumen penilaian yang relevan, observasi langsung, dan refleksi diri siswa. Dengan menerapkan pendekatan dan strategi tersebut serta melakukan pengukuran dan evaluasi secara sistematis, pendidik Kristen dapat membantu siswa memahami, memperkuat, dan menerapkan nilai-nilai Kristiani dalam kehidupan sehari-hari mereka. Dalam penelitian ini, diharapkan dapat memberikan wawasan pedagogis yang berarti bagi pengembangan pendidikan Kristen yang berfokus pada membangun kecakapan Kristus siswa.          


Kata kunci: Pendidikan Kristen, kecakapan Kristus, pendekatan pendidikan, strategi pembelajaran, pengukuran karakter



Keywords


Pendidikan Kristen, kecakapan Kristus, pendekatan pendidikan, strategi pembelajaran, pengukuran karakter

Full Text:

PDF

References


Akmalia, Rizki, Dina Oktapia, Elsa Elitia Hasibuan, Irma Tussa’diyah Hasibuan, Nindya Azzahrah, and Tri Suci Apriani Harahap. “Pentingnya Evaluasi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 5, no. 1 (January 17, 2023): 4089–4092.

Angin, Yakub Hendrawan Perangin, and Tri Astuti Yeniretnowati Yeniretnowati. “Deskripsi Standar dan Gaya Hidup Kekristenan sebagai Arah Pendidikan Agama Kristen.” Metanoia 3, no. 2 (2021): 118–132.

Ayu, Ni Gusti, Addy Purnomo Lado, and Evani April Sinurat. “Relevansi Teori Keraguan Descartes bagi Pendidikan Agama Kristen yang Dialogis.” SHAMAYIM: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 2, no. 1 (November 30, 2021): 50–61.

Betakore, Yoel. “Menggapai Pengetahuan, Memperoleh Spiritualitas: Urgensi Dwi-Konsep Pengetahuan-Spiritualitas dalam Pendidikan Agama Kristen.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3, no. 6 (September 2, 2021): 3975–3983.

Duha, Refisi, and Ajeng Ayu Widiastuti. “Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Role Playing di Kelompok Bermain.” Satya Widya 34, no. 1 (November 2, 2018): 77–87.

Handrian, Akbar Febri, and M. Ichsan Iwari. “Implementasi Gaya Kepemimpinan Demokratis Pada Suatu Organisasi.” NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 9, no. 3 (March 18, 2022): 707–711.

Hidayat, Udin Firman, Martha Megawati Pasaribu, Djoys Anneke Rantung, and Noh Ibrahim Boiliu. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Adaptif dalam Menghadapi Tantangan Teknologi Pendidikan.” Journal on Education 5, no. 2 (January 19, 2023): 3492–3506.

Juanto, Januarius Naingalis Dwi, Sozanolo Telaumbanua, Kristina S. Mangero, and Desi Sianipar. “Pembentukan Karakter Mahasiswa Kristen melalui Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Teologi Kristen dan Pedagogi-Reflektif.” DA’AT : Jurnal Teologi Kristen 3, no. 1 (January 31, 2022): 1–16.

Kaloan, Aderino, Junni Yokiman, and Oscar Sopang. “Perilaku Keagamaan Kemaja Kristen Konsumen Miras di GPIBK Jemaat Imanuel Taepa.” Discreet: Journal Didache of Christian Education 2, no. 2 (December 27, 2022): 63–72.

Karo-Karo, Selamat. “Implementasi Metode Diskusi Kelompok terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen.” JURNAL PENDIDIKAN RELIGIUS 4, no. 1 (February 4, 2022): 1–14.

Kawalo, Kres Ari. “Manfaat Doa dalam Problematika Tokoh-Tokoh Alkitab.” Jurnal Apokalupsis 12, no. 1 (June 30, 2021): 67–87.

Maitanmi, Stephen O. “Reflections on Christian Education.” Journal of Research on Christian Education 28, no. 2 (May 4, 2019): 91–93.

Makasengku, Aprianke, Yonathan Y. Mononimbar, and Nikodemus Daryanto. “Dampak Pola Mentoring Terhadap Proses Pembentukan Karakter Mahasiswa Pendidikan Agama Kristen Di STAK Terpadu Pesat.” MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (March 16, 2022): 27–38.

Mau, Marthen. “Pentingnya Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Membimbing Kepribadian Peserta Didik.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (September 7, 2020): 145–161.

Nainggolan, Anton. “Pendidikan Karakter Kristen sebagai Upaya Mengembangkan Sikap Batin Peserta Didik.” Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, dan Pendidikan 4, no. 2 (January 15, 2021): 71–86.

Pandie, Remegises Danial Yohanis, Yunardi Kristian Zega, Desetina Harefa, Stefanus Meo Nekin, Rini Sumanti Sapalakkai, and Selvyen Sophia. “Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme bagi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah.” REAL DIDACHE: Journal of Christian Education 2, no. 1 (March 31, 2022): 15–29.

Sari, Sioratna Puspita, and Jessica Elfani Bermuli. “Etika Kristen dalam Pendidikan Karakter dan Moral Siswa di Era Digital” 3, no. 1 (2021).

Setiyowati, Ester Putri, and Yonatan Alex Arifianto. “Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (September 5, 2020): 78–95.

Siahaan, Geovando, Meletios Pakpahan, and Ibelala Gea. “Membangun Jiwa Kepemimpinan Kristen Sejak Remaja.” Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 2, no. 2 (May 14, 2023): 1044–1062.

Singal, Youke L., Yusak Tanasyah, Maya Malau, and Susanti Embong Bulan. “Sumbangsih Pendidikan Israel Kuno dalam Pendidikan Agama Kristen Pada Anak.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 3, no. 1 (May 27, 2023): 61–75.

Utomo, Bimo Setyo. “Prinsip Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen Menurut 1 Timotius 4:16.” Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (June 30, 2023): 54–67.

Waruwu, Elfin Warnius, and Mortan Sibarani. “Analisis Visi Misi Guru PAK dalam Konteks Kurikulum Merdeka Ditinjau Dari Perspektif Filsafat Pendidikan Kristen.” Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama dan Filsafat 1, no. 3 (June 22, 2023): 01–22.




DOI: https://doi.org/10.55851/aletheia.v3i2.76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aletheia: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.